Cara Pasang CCTV Sendiri Terbaru 2020

Jasa Pasang CCTV di Koja Jakarta Utara
Jasa Pasang CCTV Angke Jakarta Barat
July 21, 2020
Jasa Pasang CCTV di Kelapa Gading Jakarta Utara
Jasa Pasang CCTV Kebagusan Jakarta Selatan
July 22, 2020

Cara Pasang CCTV Sendiri Terbaru 2020

Pengertian dan Cara Pasang CCTV sendiri

Sebelum menjelaskan bagaimana cara memasang CCTV sendiri dirumah. Kita harus tau dulu apa itu CCTV, CCTV merupakan kepanjangan dari Close Circuit Television dalam Bahasa Indonesia Televisi sirkuit tertutup yang berarti televisi menggunakan sinyal yang tertutup.

Pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri – industri seperti militer, bandara, toko, kantor, pabrik bahkan sekarang perumahan pun telah banyak yang menggunakan teknologi ini.

Ada beberapa jenis kamera CCTV yang pertama kamera analog, kedua kamera digital dan ketiga kamera network (jaringan). kita mulai dengan kamera analog, jenis kamera CCTV analog dapat merekam langsung sinyal analog sebagai gambar ke video tape recorder.

Jika sinyal direkam pada tape recorder, maka rekaman harus dijalankan dengan kecepatan yang sangat lambat untuk beroperasi secara terus – menerus. Sinyal analog juga dapat di konversi menjadi sinyal digital untuk memungkinkan rekaman dapat disimpan pada hard disk komputer.

Untuk itu jenis kamera CCTV analog harus dipasang langsung ke video cared di komputer yang akan mengubah sinyal analog ke digital. Cara lain untuk menyimpan rekaman CCTV adalah pada media non-analog yaitu menggunakan perekam video digital (DVR – Digital Video Recorder).

Kamera digital, CCTV jenis ini tidak memerlukan kartu video capture karena ia bekerja menggunakan sinyal digital yang dapat disimpan langsung ke hard disk computer. Jenis kamera digital multi-megapixel dapat menangkap gambar video pada resolusi hingga 11 megapiksel. Berberda dengan kamera analog.

Selanjutnya kamera network (jaringan), dalam sebuah kamera jaringan terdapat adaptor jaringan, power supply, CPU, encoder dan sensor gambar. Jenis kamera CCTV jaringan ini (IP Camera) dapat berupa kamera analog atau digital video yang memiliki alamat IP sehingga mampu menyiarkan video bahkan audio.

Kamera jaringan tidak memerlukan output sinyal analog sehingga resolusinya lebih tinggi dari kamera CCTV analog biasa. Kamera jaringan memiliki resolusi VGA 640 × 480 piksel, SVGA 800 × 600 piksel atau quad-VGA 1280 × 960 piksel.

Sekarang kita masuk ke penjelasan tentang perlengkapan apa saja yang biasa digunakan untuk memasang cctv.

1. Kamera CCTV

Steker

Steker untuk tambahan mencolokkan stopkontak

kamera berfungsi sebagai alat pengambil gambar.

2.DVR (Digital Video Recorder)

DVR

DVR untuk di pasang dirumah

DVR merupakan system yang digunakan oleh kamera CCTV untuk merekam dan menyimpan semua gambar yang dikirim oleh kamera menjadi format digital ke media DVD , flash drive USB, kartu memori SD, SSD atau perangat penyimpanan massal baik lokal atau jaringan lainnya.

3. Hard disk

Hardisk

Hardisk untuk penyipanan cctv

media penyimpanan data dari gambar video yang telah direkam.

4. Monitor

Monitor

Monitor untuk menampilkan tampilan kamera

monitor digunakan untuk menampilkan semua gambar yang dikirim oleh kamera.

5. 1 terminal kuningan 4 lubang

STOPKONTAK

STOPKONTAK cukup 4 colokan untuk menghemat biaya

6. Power Supply

Power Supply

menyambungkan daya secara aman

istilah lain dari power supply adalah catu daya untuk kamera CCTV.

7. Kabel eterna

Kabel listrik eterna

sesuai kebutuhan (mulai dari stop kontak rumah ke tempat DVR yang sudah ditentukan).

8. Kabel coaxial

kabel-coaxial

kabel coaxial untuk kabel video

merupakan jenis kabel yang biasa digunakan untuk mengirimkan sinyal video dari kamera CCTV ke monitor.

9. Konektor BNC (Bayonet Neill-Concelman)

BNC

Jack Video CCTV

digunakan untuk menghubungkan kamera dengan monitor dan DVR.

10. Jack DC Male dan Female

Jack DC

Jack DC male dan female

konektor ini digunakan untuk menguhubungkan ke power supply

11. Internet

Internet

Internet modem

sebuah jaringan yang meghubungkan komputer satu sama lain.

12. Kabel VGA

kabel vga

kabel vga untuk monitor to dvr

kepanjangan dari Video Graphics Array adalah kabel yang memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal video hasil pengolahan komputer untuk ditampilkan ke media keluaran seperti proyektor maupun monitor.

13. Kabel LAN

Kabel LAN

LAN

Singkatan dari Local Area Network kabel ini merupakan penghubung atau transmisi data pada sebuah jaringan.

RJ 45, ini merupakan konektor kabel jaringan dari kamera CCTV ke computer/monitor.

14. Steker

Steker

Steker untuk tambahan mencolokkan stopkontak

15. Klem kabel ukuran 12mm

Klem kabel Untuk merapihkan kabel

Tang Krimping

tangkrimping

tangkrimping untuk LAN

Jika semua perlengkapan diatas sudah ada, langkah selanjutnya adalah pemasangan pertama-tama tentukan titik letak CCTV dan DVR kemudian hitung jarak antara DVR dengan kamera CCTV karena ini menentukan berapa panjang kabel yang akan dibeli.

Setelah dihitung, tes kabel menggunakan tester untuk mencegah adanya kabel terputus. Pasang hard disk didalam DVR. Kupas kabel coaxial lalu pasang konektor BNC dan jack DC di ke dua ujungnya. Kupas kabel LAN lalu pasang konektor RG-45. Kemudian hubungkan konektor-konektor tersebut dengan kamera CCTV, monitor, DVR, adapter dan power supply terakhir nyalakan CCTV dan selesai.

Jadi agar anda dapat memasang CCTV dirumah tanpa menggunakan jasa pasang, anda cukup membutuhkan kamera CCTV, DVR (Digital Video Recorder), Monitor, Hard disk, power supply, terminal kuningan, kabel atena, kabel LAN (Local Area Network), internet, kabel coaxial, BNC (Bayonet Neill- Concelment), jack DC, VGA (Video Graphics Array), RJ-45 steker, klem kabel dan tang crimping.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *